Home » Arsip » SeNdiMat II

SeNdiMat II

Pengumuman Jadwal Presentasi Kelas Pararel SeNdiMat II

Pengumuman Pemakalah SeNdiMat II yang Dibiayai

Pengumuman Makalah yang Lolos Seleksi untuk Dipresentasikan Dalam SeNdiMat II

————————-

Setelah menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) yang pertama pada tahun 2013, PPPPTK Matematika kembali menyelenggarakan SeNdiMat yang ke-2 di tahun 2014. SeNdiMat II ini dilaksanakan dalam bentuk joint conference dengan:

  1.  The 19th Asian Technology Conference in Mathematics (ATCM 2014),
  2. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education (1st ISIM-MED by UNY),
  3. 2nd International Symposium in Mathematics Education (2nd ISMEI by SEAMEO QITEP in Mathematics).

Selain itu juga dalam bentuk sesi pleno mandiri dan video conference melalui Skype dengan 7 mitra di daerah dan sesi pararel oleh peserta pemakalah.

Latar Belakang

Teknologi merupakan  unsur  sangat  penting dalam membangun peradaban manusia. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang telah mendapatkan manfaat nyata dari hadirnya teknologi. Kehadiran teknologi telah memberikan inspirasi, mengubah paradigma, sekaligus mengakselerasikan peningkatan kualitas pendidikan.

Inovasi di bidang teknologi berjalan cepat dan dinamis serta memberikan dampak luar biasa pada pendidikan matematika. Isi dan proses pendidikan matematika terus dimutakhirkan selaras dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Teknologi menghadirkan kemudahan dan pilihan lebih banyak untuk mengatasi berbagai tantangan dan hambatan sehingga pendidikan matematika semakin berkualitas dan memberikan kontribusi lebih besar bagi pengembangan peserta didik yang lebih baik.

Saat ini pendidikan matematika sedang mengalami pembaharuan melalui diterapkannya Kurikulum 2013. Dalam kurikulum ini peran teknologi sangat penting dimana teknologi bukan lagi menjadi sesuatu objek kajian, melainkan menjadi instrumen untuk mengakselerasikan perbaikan dan pemutakhiran pendidikan. Pendidik dan tenaga kependidikan matematika diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan emas penggunaan teknologi sesuai kebijakan kurikulum baru ini untuk percepatan keberhasilan pembangunan pendidikan matematika di Indonesia.

PPPPTK Matematika sebagai unit pelaksana teknis di lingkup BPSDMPK & PMP Kemdikbud, yang merupakan ujung tombak pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika, terus berupaya mendorong dan memfasilitasi peningkatan kualitas pendidikan matematika, termasuk melalui pemanfaatan inovasi teknologi. Salah satunya akan diwujudkan melalui penyelenggaraan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) ke-2 yang akan dilaksanakan pada 27 dan 28 November 2014.

Bentuk

SeNdiMat II dilaksanakan dalam bentuk joint conference bersama Asian Technology Conference in Mathematics,  Qitep in Mathematics, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Joint Conference dilaksanakan dalam bentuk seminar bersama selama 4 hari, dari tanggal 27 – 30 November 2014, di Universitas Negeri Yogyakarta, dimana SeNdiMat II bergabung pelaksanaannya pada sesi pleno hari pertama joint conference. Setelah itu, SeNdiMat II dilaksanakan secara mandiri, dengan agenda:

  • Hari pertama (27 November 2014) setelah pleno bersama dalam joint conference dilanjutkan sesi pararel di PPPPTK Matematika
  • Hari kedua (28 November 2014) pagi sampai dengan siang dilaksanakan sesi pleno yang dilaksanakan di PPPPTK Matematika sekaligus terintegrasi secara online dengan 7 mitra di berbagai kota menggunakan program skype, yang kemudian dilanjutkan sesi pararel di PPPPTK Matematika dan di masing-masing lokasi mitra.

Waktu dan Tempat

Hari, Tanggal : Kamis dan Jum,at, 27 dan 28 November 2014

Tempat:

  1. PPPPTK Matematika, Jl. Kaliurang Km. 6, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, DI Yogyakarta
  2. Universitas Negeri Yogyakarta
  3. MGMP Matematika SMA/MA Se-Kota Batam
  4. MGMP Matematika SMP Kabupaten Sidrap
  5. Pimpinan STKIP Siliwangi Bandung
  6. MGMP Matematika Delta Pawan Kalimantan Tengah
  7. MGMP Matematika SMKNJ Probolinggo
  8. KKG Guslah II Pasuruan
  9. MGMP Ranting SMPN 1 Subang

Download Leaflet Sendimat 2014

Untuk informasi ter-update silahkan bergabung di group Facebook:

klik untuk bergabung

klik untuk bergabung

Sekretariat Panitia:

PPPPTK Matematika
Jl. Kaliurang Km.6 Sambisari, Condongcatur
Depok, Sleman, DIY 55281
Telp. 0274 881717, 0274 885752
Faks. 0274 885725
Email: sendimat@p4tkmatematika.org

 


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>