Home » Arsip » SeNdiMat III

SeNdiMat III

Setelah dua kali menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat), PPPPTK Matematika kembali menyelenggarakan SeNdiMat yang ke-3 di tahun 2015 dengan tema Peran Pendidikan Matematika dalam Pencerdasan dan Pembudayaan Karakter Generasi Indonesia untuk Mendukung Pencapaian Daya Saing ASEAN”.

Latar Belakang

Pembangunan pendidikan Indonesia tahun 2015-2020 difokuskan pada kualitas pendidikan yang memiliki daya saing regional tingkat ASEAN. Sasaran pembangunan periode ini meliputi terbentuk dan beroperasinya sistem layanan dengan standar tingkat ASEAN, citra Kemdikbud yang telah lintas negara ASEAN, kerjasama antara negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan yang semakin mantap, dan hal-hal lain yang relevan. Harapannya manusia Indonesia pada akhir periode ini sudah bisa menjadi titik pusat gravitasi sosial ASEAN sebagai sebuah entitas sosiokultural.

Pencapaian daya saing tingkat ASEAN di atas tidak mudah diwujudkan. Indikator makro pendidikan Indonesia saat ini belum menunjukkan kualitas yang memadai. Misalnya, hasil penilaian TIMSS tahun 2011 lebih dari 95% siswa Indoensia hanya mampu sampai level menengah, jauh lebih rendah dari negara-negara ASEAN yang lain seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Pada hasil PISA tahun 2012 Indonesia hanya menempati peringkat ke 64 dari 65 negara di mana Indonesia hanya lebih baik dari Peru (65). Dibandingkan negara-negara Asia Tenggara, peringkat Indonesia juga jauh tertinggal, yaitu: Singapura peringkat 2, Vietnam peringkat 17, Malaysia peringkat 50, Thailand peringkat 52, dan Indonesia peringkat 64.

Diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dari segenap komponen untuk mendukung pencapaian daya saing bangsa di level ASEAN. PPPPTK Matematika sebagai ujung tombak pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) matematika diharapkan dapat melakukan langkah-langkah yang strategis dan berkesinambungan. Salah satunya akan diwujudkan melalui penyelenggaraan Seminar Nasional Pendidikan Matematika ke-3 (SeNdiMat III) yang akan dilaksanakan pada 11 dan 12 November 2015.

Peserta

  1. Pendidik dan tenaga kependidikan matematika
  2. Widyaiswara, Dosen pendidikan matematika/matematika
  3. Mahasiswa S1/S2/S3 pendidikan matematika/matematika
  4. Peminat dan pemerhati bidang pendidikan matematika

Pemakalah Yang Dibiayai

PPPPTK Matematika menyediakan biaya bagi 100 pemakalah dari kalangan guru SD, guru matematika SMP/SMA/SMK, kepala sekolah atau pengawas sekolah terpilih, meliputi biaya transportasi, biaya seminar, akomodasi, serta uang saku. Seleksi berdasarkan kualitas extended abstract serta sebaran wilayah.

Waktu dan Tempat

Hari, Tanggal : Rabu dan Kamis, 11 dan12 November 2015

Tempat: PPPPTK Matematika, Jl. Kaliurang Km. 6, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, DI Yogyakarta

Fasilitas

Snack pagi dan makan siang, Seminar kit, dan Sertifikat.

 

Download Leaflet SeNdiMat III

 

Untuk informasi ter-update silahkan bergabung di group Facebook:

klik untuk bergabung

klik untuk bergabung

Sekretariat Panitia:

PPPPTK Matematika
Jl. Kaliurang Km.6 Sambisari, Condongcatur
Depok, Sleman, DIY 55281
Telp. 0274 881717, 0274 885752
Faks. 0274 885725
Email: sendimat@p4tkmatematika.org