Home » SeNdiMat V

SeNdiMat V

Latar Belakang

Di setiap peradaban –bahkan di peradaban primitif seklaipun- bisa dipastikan memiliki pola atau metode pembangunan generasi. Pembangunan generasi dimaksudkan untuk mewariskan pengetahuan, keterampilan, dan bahkan nilai-nilai sosial antar generasi. Di peradaban yang lebih maju pola pembangunan generasi ini mewujud dalam pranata pendidikan. Pendidikan sebagai salah satu pranata sosial yang memiliki peran penting dalam perubahan masyarakat dan dalam rangka memikul tugas salah satu primitifnya yaitu mewariskan nilai-nilai sosial.

Nilai-nilai sosial positif yang diwariskan diharapkan tidak hanya menjadi pengetahuan, akan tetapi dapat terinternalisasi menjadi karakter positif yang melekat di generasi penerus. Dalam lingkunp pendidikan sekolah, tanggungjawab pembangunan karakter ini memerlukan peran semua pihak, tidak hanya keluarga, masyarakat dan pemerintah dalam suatu sistem pendidikan, akan tetapi pembangunan karakter juga dapat dilakukan melalui karakteristik substantif mata pelajaran. Matematika sebagai sebuah mata pelajaran di sekolah berpotensi untuk dimanfaatkan membina karakter positif generasi penerus (siswa), seperti konsisten, jujur, taat azas, kritis, terbuka, bertanggung jawab dan karakter positif lainnya.

Tugas mengolah potensi matematika untuk membangun karakter positif dan mewujudkannya dalam suatu proses pembelajaran sangat tergantung peran guru. Oleh karena itulah guru perlu terus memperluas wawasannya baik dalam pengetahuan substantif matematika maupun dalam keterampilan mengolah substansi matematika dalam proses pembelajaran sehingga menjadi sarana pembangunan karakter siswa.

Dalam rangka fasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan, PPPPTK Matematika sebagai unit pelaksana teknis di lingkup Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) ke V yang akan dilaksanakan pada 21 dan 22 November 2017. Pada pelaksanaan SeNdiMat yang ke V ini mengambil tema “Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika untuk Menunjang Terwujudnya Indonesia Emas 2045“.

Tujuan

  1. Mendorong dan memfasilitasi pembinaan karier guru dan tenaga kependidikan matematika.
  2. Memfasilitasi ruang dialog bagi sivitas akademika, pendidik (guru, widyaiswara, dosen), dan tenaga kependidikan matematika untuk berbagi pengalaman dan bersinergi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan matematika.
  3. Mengupayakan terwujudnya budaya ilmiah di lingkungan pendidik dan tenaga kependidikan matematika.
  4. Sebagai upaya implementasi penguatan pendidikan karakter di Indonesia

Peserta

  1. Guru matematika (guru kelas dan guru mata pelajaran)
  2. Kepala sekolah atau pengawas
  3. Widyaiswara matematika
  4. Dosen pendidikan matematika/matematika
  5. Mahasiswa S1/S2/S3 pendidikan matematika/matematika
  6. Tenaga kependidikan matematika
  7. Peminat dan pemerhati bidang pendidikan matematika

Pemakalah Yang Dibiayai

PPPPTK Matematika menyediakan biaya bagi 50 pemakalah terpilih meliputi biaya transportasi, biaya seminar, akomodasi dan konsumsi, serta uang saku. Seleksi berdasarkan kualitas makalah lengkap. Pemakalah yang dibiayai dari kalangan guru SD, guru matematika SMP/SMA/SMK, kepala sekolah atau pengawas sekolah.

Waktu dan Tempat

Hari, Tanggal : Selasa dan Rabu, 21 dan 22 November 2017

Tempat: PPPPTK Matematika, Jl. Kaliurang Km. 6, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, DI Yogyakarta

Fasilitas

  1. Makan siang dan snack pagi dan sore (selama 2 hari)
  2. Seminar kit
  3. Sertifikat
  4. Makalah terpilih diterbitkan dalam proceedings (direview).

 

Download Leaflet SeNdiMat V

 

Untuk informasi ter-update silahkan bergabung di group Facebook:

klik untuk bergabung
klik untuk bergabung

Sekretariat Panitia:

PPPPTK Matematika
Jl. Kaliurang Km.6 Sambisari, Condongcatur
Depok, Sleman, DIY 55281
Telp. 0274 881717, 0274 885752
Faks. 0274 885725
Email: sendimat@p4tkmatematika.org